Writing Help service for students

Cara melatih burung Beo agar bisa bicara

Jika kita memelihara burung Beo, tentunya yang paling di inginkan adalah agar Beo peliharaan kita tersebut bisa bicara menirukan perkataan Manusia.

Syarat utama untuk melatih Beo bicara adalah ketika burung Beo masih berusia muda, yang ditandai dengan kulit yang menggelambir pada bagian kepalanya masih terlihat pendek. Akan lebih bagus lagi jika kita memelihara Beo yang masih anakan/dari lolohan, karena selain lebih mudah jinak, juga lebih mudah di ajari dengan kata-kata sesuai keinginan kita.

Sedangkan jika kita melihara Beo tangkapan hutan yang sudah dewasa, maka akan sulit untuk melatihnya bicara karena Beo tersebut sudah memiliki suara hutan yang sudah terekam permanen di memorinya. Selain itu juga perlu waktu yang cukup lama agar Beo dewasa tangkapan hutan tersebut bisa benar-benar jinak.

Untuk melatih Beo bicara, harus dengan kasih sayang dan konsistensi. Dan beberapa tips berikut semoga bisa membantu untuk melatih burung Beo peliharaan kita agar bisa menirukan kata-kata Manusia.

Cara yang efektif untuk melatih Beo bicara:

Berikan Beo perhatian dan kasih sayang, sehingga Beo akan merasa nyaman dan akan lebih mudah dalam mempelajari kata-kata yang kita ajarkan. Sama seperti saat kita melatih anak kecil untuk belajar berbicara, melatih Beo juga memerlukan kesabaran dan kasih sayang.

Untuk melatih Beo bicara sebaiknya dilakukan secara bertahap, tidak perlu terburu-buru dengan mengajarkan banyak kata pada burung Beo yang justru akan membuat memori dari burung Beo tersebut menjadi kacau.

Melatih Beo bicara harus dilakukan secara perlahan tapi konsisten. Ajarkan satu kata dulu secara konsisten sampai Beo tersebut hafal dan fasih baru di ajarkan dengan kata-kata yang lain.

Sebelum Beo benar-benar pandai bicara, sebaiknya jangan diajak bercanda dulu, misalnya: menyodorkan makanan tapi tidak jadi diberikan, hal itu akan membuat Beo kecewa dan bisa membuyarkan kata-kata yang masih dipelajari.

Sebaiknya Beo dijauhkan dari lingkungan yang bisa mengakibatkan Beo tersebut mendengar dan merekam kata-kata kotor atau jorok.

Tempatkan Beo pada satu tempat saja, jangan sering di pindah-pindah karena hal ini akan mengakibatkan memori dalam otak Beo menjadi kacau sehingga akan kesulitan untuk menirukan ucapan/kata-kata kita.

Jika memungkinkan, sebaiknya jadwal untuk melatih Beo bicara jangan di ubah-ubah waktunya. Jika biasanya dilatih bicara setiap pagi hari, sebaiknya lakukan secara konsisten setiap pagi hari, jangan dirubah menjadi siang atau sore hari.

Ketika kita melatih Beo dengan mengucapkan satu kata tertentu, maka harus diberikan contoh dengan tindakan atau perlakuan tertentu yang harus sama setiap kita mengajarkan kata-kata tersebut. Misalnya: kita mengucapkan kata “MINUM” maka srbaiknya ketika kita mengucapkan kata “MINUM” tersebut sambil memegang gelas, agar nantinya setiap kali Beo tersebut melihat orang membawa gelas, akan mengucapkan kata “MINUM”. Untuk besoknya juga harus melakukan hal yang sama ketika kita mengajarkan kata “MINUM”, yaitu dengan memegang gelas, jangan memegang benda lainnya.

Jangan mengajarkan Beo untuk menirukan beberapa kata sekaligus karena Beo justru bisa menjadi stres dan tidak bisa menirukan satu katapun yang kita ajarkan.

Beo tetaplah binatang yang hanya memiliki kapasitas memori terbatas, tidak semua kata-kata yang kita ajarkan akan bisa ditirukannya. Agar lebih efektif, sebaiknya Beo dilatih pelan-pelan, satu kata demi satu kata saja.

Ketika Beo sudah bisa bersuara seperti yang yang kita ajarkan, sebaiknya Beo terus di ingatkan dengan kata-kata yang sudah kita ajarkan agar Beo tidak lupa dengan kata-kata tersebut.

Agar lebih cepat hafal dan ingat dengan ucapan/kata-kata yang kita ajarkan, sebaiknya Beo jangan ditempatkan bersama burung-burung jenis lain, terutama burung kicauan karena nantinya Beo justru akan meniru suara burung-burung kicauan tersebut dan tidak akan menghafal kata-kata yang kita ajarkan.

Beberapa metode untuk mengajarkan Beo bicara:

• Menggunakan Mp3 player

Untuk mengajarkan Beo bicara, kita bisa menggunakan suara Mp3 Beo lain yang sudah pandai bicara dengan cara diperdengarkannya ditempat yang tenang/sepi secara konsisten sampai Beo peliharaan kita fasih menirukan suara Mp3 tersebut.

• Menggunakan Beo lain sebagai guru vokal

Cara ini cukup efektif karena Beo yang kita ajarkan untuk bicara tersebut bisa mendengar suara Beo lain yang menjadi guru vokalnya setiap hari secara konsisten dan alami, jadi Beo yang kita ajarkan untuk bicara tersebut akan lebih cepat untuk menirukan suara dari Beo lain yang sudah pandai bicara.

• Menempatkan Beo pada tempat tertentu

Kita bisa mengajarkan Beo untuk bicara dengan cara menempatkan beo di ruangan yang sering digunakan untuk ngobrol, misalnya diruang tamu. Dengan begitu, setiap kali ada tamu yang datang dan mengucapkan salam, Beo tersebut lama-kelamaan akan hafal dan terbiasa dengan kata-kata yang sering di ucapkan oleh tamu yang datang kerumah kita.

• Dengan cara mengajarkan kata-kata secara langsung.

Seperti yang sudah dibahas di atas, kita bisa mengajari Beo untuk bicara dengan cara melatihnya sendiri. Keuntungan dari cara ini, Beo bisa kita ajarkan dengan kata-kata sesuai keinginan kita, tapi memang akan banyak menyita waktu kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *